On Thu, Aug 02, 2007 at 01:29:32PM +0700, Popo wrote:
> siang,
> pengen nanya :), kira2 apa yang dibutuhkan ya untuk membangun jaringan voip
> antara 2 office, misalnya : kantor A pake Ekiga di Ubuntu, rencana koneksi
> pake Speedy yang Personal, begitu juga kantor B.
> 1. hardware apa yang dibutuhkan antara 2 kantor tersebut ?
>     apa hanya pake headset ? apa harus pakai usb phone? berapa ya kira2
>     harganya ? yang bisa jalan di ubuntu apa?
> 2. software nya apa cukup pakai ekiga ? dan menjadi anggota voip rakyat?
> 3. jika konek ke voip rakyat apa perlu juga mambangun server voip sendiri?
> [...]

Jawaban untuk no 1,2,3,4:
Teman saya di jakarta yg ikut milis ini juga memakai voip untuk
komunikasi antara pusat (jkt) dg cabang (karawang). Kantor pusat
memakai CBN sedangkan cabang memakai speedy. Dia install server asterik
di pusat. Info lagi dari teman saya, instal asterik lebih mudah
daripada membuat change password di webmail squirrelmail bisa
berfungsi :-D
Tambahan lagi stabil allday, hebat nich speedy untuk trafik IIX.

Oya tidak perlu daftar voiprakyat kalo buat sendiri. Paling bagus
pakai hardware yakni ATA (googling aja deh). Trafik Voip memakan
bandwidth up 24kbps dan down 24kbps (pengamatan saya pakai iftop).
Kalo pakai hardware lebih kecil bandwidthnya jadi otomatis
menghemat bandwidth pemakaian speedy.

Oya, Mas Popo mau menghubungkan pusat dg cabang2, rasanya ada
cabang tempogroup di jember. Saya pernah bertemu dg pimpinannya :-)

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~