jabenux wrote:
mas, Mika

mau tanya lagi,
kok tiap PC direstart/ shutdown
saya harus melakukan mount seperti itu
apa memang begitu ?
tidak bisakah langsung autho detect untuk selanjutnya ?

thanks sebelumnya
emang begitu biar tambah keren hehehe... (becanda...)

bisa aja. coba buka file 'fstab' di /etc/fstab
edit dan tambahkan baris berikut:

/dev/sda1       /mnt    vfat    user,noauto 0 1

kemudian save n restart komputer.

tp aku g pernah coba, soalnya itu hanya bisa deteksi saat komputer booting aja. padahal aku sering colokin usb flash ketika komputer udah nyala.
coba googling dgn keyword "auto mount"

kalo masih ngotot juga ingin bisa auto detect, install aja fedora core 7 ato suse 10.2, ubuntu 7.04 ato distro2 terbaru hehehe....
tinggal colok.... jreng...!!! langsung buka semua deh isi usb flash
:-)