Singkat saja,

Saya punya network A dan network B serta ISP X dan ISP Y.
Mengikuti petunjuk di http://lartc.org/howto/lartc.rpdb.multiple-links.html
Saya berhasil split koneksi trafik internet network A untuk melalui
ISP X dan network B melalui ISP Y. Masalahnya adalah jika pada router
atau gateway diinstal squid, dan dijadikan proxy transparent, aturan
di atas tidak berlaku lagi. KAdang trafik dari network A melalui ISP X
kadang melalui ISP Y, begitu pula berlaku untuk network B.

Bagaimana solusinya ? Jangan dikasihtahu agar setup parameter tcp_outgoing
di squid.cfg. Kalau ini sih sdh berhasil, masalahnya tidak praktis IMHO.

Saya sudah googling dan nampaknya belum ada pencarian yg berhasil kecuali
itu tadi setup tcp_outgoing di squid.conf.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~