Dear all,
Saya menggunakan postfix dengan user virtual (mysql). Karena mail server saya ada dibelakang nat main.cf harus menggunakan relayhost=smtp.isp.net.id Cilakanya email localpun dari [EMAIL PROTECTED] ke [EMAIL PROTECTED] direlay oleh smtp tersebut. Untuk mengantisipasinya saya ingin menerapkan transport pada postfix saya.

Pada postfix dengan user system (tanpa mysql) caranya cukup simple, seperti ini :
/etc/postfix/main.cf:
transport_maps=hash:/etc/postfix/transport

Kemudian pada file transport isinya seperti ini :
localhost       local:
localhost.localdomain   local:
abc.com    local:
.abc.com   local:
telkom.net      smtp:[mailgate.telkom.net.id]
plasa.com       smtp:[mailgate.telkom.net.id]
telkom.net.id   smtp:[mailgate.telkom.net.id]
telkom.co.id    smtp:[mailgate.telkom.net.id]
isp.net.id     smtp:[smtp.isp.net.id]

Saya coba menerapkan cara tersebut pada postfix yang usernya menggunakan mysql dan ternyata ga bisa. Udah googling ketemu yang ini : http://smartcgi.com/dist/postfix dan yang ini http://www.umutbesler.com/docs/postfix.html

Tapi ga tahu apa saja langkah selanjutnya mulai dari gimana isi table transportnya dan seterusnya.

Mohon bantuannya

Regards