On Monday 05 November 2007 16:24:08 Susanti Setiawan wrote:
> Selamat sore pakar-pakar linux.....
> Saya ingin mengganti server yang ada di kantor saya (tapi... bukan saya
> yang install waktu itu...).
> Bagaimana sebaiknya kalau saya membuat gateway untuk koneksi di kantor...?
> Saya punya 2 server yang akan saya fungsikan 1 unit sebagai firewall, dan
> yang 1 unit lagi untuk proxy/Squid/DNS.
> Didalam proxy server,apa saja yang harus install?
> saya rencananya ingin membuat squid, dns server(pakai bind kali ya), dan
> iptraf. gimana ya bikinnya? ada yang punya pdf nya juga?
> Bagaimana sebaiknya? Apakah konfigurasi saya sudah betul?
> [...]

Hi Sans,
Iya bisa pakai seperti yang telah direkomendasikan temen2 seperti mandriva,
ipcops, endian firewall dll.
Bisa juga kalau mau ikutin PDF Menyetel Gateway lengkap di
http://linux2.arinet.org/index.php?option=com_content&task=view&id=151&Itemid=2

Selamat mencoba.
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org