Pada Thu, 29 Nov 2007 10:08:23 +0700
Bambang Sumitra <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> ' "register produk" di source code ' caranya gimana pak?
> kebetulan aku punya modem yang sama juga Prolink 1456PVA
> udah donwload slmodemd, udah bisa compile dan udah bisa muncul
> /dev/ttySL0, tapi pas mau konek, muncul "no carrier detected"
> berulang-ulang.
> udah pakai option "no carrier" di wvdial.conf, tapi sama aja

Wah, malu nih...
Sebenarnya sih cara mudah, cuma ga tahu istilahnya ?8)

Maksud saya "register produk" tuh gini pak ...
(mode dongeng=on)

Waktu masih pake kernel 2.6.17 di Slack-11, USB to Serial punya
saya ga kedetek. Di-usut ternyata kernel sdh dukung tapi sayangnya
produk pabrikan tsb blm ada di-daftar modules-nya.

Karena saya sdh tahu persis kalo USB to Serial itu menggunakan
komponen Prolific (dilihat dari CD-Driver for Win) maka saya
tinggal nambahkan kode produk tsb ke source-code untuk modules
usbserial. Lalu re-compile modules, tinggal loading modules &
sukses. USB to Serial-nya langsung dikenali tanpa kesulitan.

Dulu sempat bingung, lha sdh susah cari barangnya, ternyata
ga bisa dipake. Info di Google nyatakan kernel dukung PL2303,
tapi kenapa punya saya kok ga detek. Utak-atik ternyata "mudah"
ya, ga usah cari driver baru tapi cukup re-compile...
Hmm ... baru deh ngerasa bagusnya OS dgn Open-Source ?8)

Untuk modem anda ... maaf blm bisa jawab ?8(
--
"Yok gunakan Firefox,Sylpheed,
 OpenOffice, Gimp di Slacky-12."