anton madjid wrote:
> Dear all,
> Mohon bantuannya, saya berencana migrasi ke linux menggunakan
> distro open suse dan fedora.
> Saat ini yg menjadi pertanyaannya bagaimana sharing printer over ip
> ataupun cara biasa
> Terimakasih.

Sharingnya simple aja. Pake failitas CUPS aja. Smua distro bs. Jauh
lebih simple drpd hrs setting Samba sgala.

Ubuntu Feisty: di menunya dah ready
Ubuntu Gutsy / Fedora: di system-config-printer
Kubuntu Feisty/Gutsy: di kontrol centernya juga dah ready
OpenSuse: sorry blon nyoba nih
Smua distro: ganti aja port cups di /etc/cups/cupsd.conf dr
localhost:631 jadi *:631

Lalu client Windows/Linux, add aja http/ipp printer ke:
http://<hostname/ip>:631/printers/namaprinter

Bs pake browser IE/Firefox utk ngintip printer yg sudah dishare dilinux
ke URL:
http://<hostname/ip>:631/printers

Gampang kan ;)

--