On Thursday 27 December 2007 09:02, Bayu wrote:
>  1. Jika diletakkan dalam 1 mesin, apakah kinerja server bisa optimal
>  untuk menghandle proxy, web, dan mail server) ?
>  Hardware yg akan dipake HP Server Dual Xeon, ram 2GB

Untuk penggunaan normal, mestinya spesifikasi di atas sudah lebih dari cukup.

>  2. Seandainya harus dipisah, server manakah yang harus ditanam di
>  satu mesin ?

Terserah.

>  3. Apakah squid bisa juga sebagai router ?, jika bisa maka saya tidak
>  perlu lagi membangun 1 buah server router semacam freesco, mikrotik
>  dll

Yang jadi router itu linuks-nya.
Begitu diset "enable IP Forwarding", maka dia akan me-routing.
Routing bisa diatur atur dengan perintah "ip route".
Ketik aja "ip route help" di command prompt.
Kalau kurang, bisa ditambahin paket "quagga" untuk routing dinamis.
Entar kita bisa telnet ke router kita dan mengkonfigurasinya dengan sintaks
yang mirip cisco.

>  4. Distro apakah yang saat ini dipakai oleh rekan-rekan untuk
>  membangun ke 3 server diatas ?

Saya menggunakan OpenSUSE.

--
Salam,

Adi Nugroho - http://adi.internux.co.id/
iNterNUX --- http://www.internux.net.id/
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535 GSM:+62-816-27-9193