riyandi himawan wrote:
> bisa dilihat disini mas
> https://help.ubuntu.com/community/RecoveringUbuntuAfterInstallingWindows

kalo dalam bahasa indonesia kalo ndak salah begini langkahnya:

1. siapkan LiveCD distro linux yang pake grub.
2. masuk keterminal di LiveCD distrotersebut ketik perintah :

    %grub

    sehingga tampilanya konsolnya begini

    grub>

3.setelah kemenu utama grub ketik perintah berikut untuk mendapatkan
informasi "file stage1" untuk setup grub

    grub> find /boot/grub/stage1

    pada tampilan konsol akan terlihan letak file stage1, pada kompi
saya terlihat sbb:

    (hd0,2)
    (hd0,3)
    (hd0,4)
    (hd0,5)
    (hd0,6)

    jadi terlihat file stage1 ada dilima partisi seperti contoh diatas
mungkin di kompi mas hanya ada satu misal (hd0,2)

4. kemudian ketik perintah, untuk memberitahu grub letah file stage1
misal di (hd0,2)

    grub> root (hd0,2)

5. kemudian install grubnya dengan perintah:

    grub> setup (hd0,2)

    kemudian keluar dari konsol utama grub

    grub> quit

6. selesai deh semoga ndak ada erorr terus restart kompinya
7. kalo ada error tolong do kopi paste-kan ke sini biar para senior
linuxer membantu OK... semoga berhasil #CMIW