2008/7/29 Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]>:

> Tidak untuk semua external. Kalau external interfacenya eSATA lumayan
> kenceng (1.5 Gbps), FireWire 800 (800 Mbps) juga, bahkan FireWire 400
> yg "cuma" 400 Mbps pun secara praktek lebih cepat (sustained
> throughputnya) dibanding USB 2.0 yg 480 Mbps, karena cara mentransfer
> datanya beda dengan USB 2.0. Coba google aja "usb2 vs firewire".
>
> Seandainya pake USB 2.0 pun (yg paling umum skrg), seharusnya
> theoretical maximumnya bisa 60 MB/s. Jadi 3 MB/s itu agak aneh sih.
>
> Ronny
>
> --
Saat ini saya mencoba membagi menjadi 3 partisi (dari yg awal hanya 1
partisi) moga-moga ada perubahan dengan pembagian ini, dan mengenai
box linux apakah support usb 2.0 berikut lognya:
$lsmod |grep hcd
uhci_hcd               32601  0 # bukan ehci_hcd

apakah mesti menambahkan usb 2.0 tambahan seperti usb combo yang
support usb 2.0 atau bagaimana cara mengoptimalkannya?