2008/5/16 AndiSugandi™ <[EMAIL PROTECTED]>:

Maaf, saya tinggalkan topik begitu lama.

> Saya sangat beruntung mempunyai dan dapat memanfaatkan fasilitas
> terjemahan dari QStarDict (besed on Qt) sampai kejadian ini keluar[1]:
>
> "the word man is not found"
>
> ketika saya mengetikkan kata "man" di bar "Search"-nya. Tapi anehnya
> terjemahan berhasil keluar ketika saya lakukan di StarDict (based on
> Gtk).
>
> Saya curiga QStardict tidak menemukan dictionarya-nya StarDict.

Kecurigaan saya mamang benar (?), QStardict mencari dictonary-nya
tidak di directory /usr/share/stardict/dic/ (default-nya Stardict),
tapi di directory ~/.stardict/dic/ .

Solusi sederhananya adalah membuat symlink dari
/usr/share/stardict/dic ke ~/.stardict/ ...[1]

Hal ini terjadi ketika pada versi QStardict berikut:
> stardict-dictd_www.dict.org_foldoc-2.4.2-1
> stardict-quick_eng-ind-2.4.2-1
> stardict-oald-2.4.2-1
> stardict-longman-2.4.2-1
> stardict-quick_ind-eng-2.4.2-1
> qstardict-0.12.7-2.7
> stardict-2.4.8-35

Tapi sepertinya sudah diperbaiki di versi terbaru:

> rpm -qa | grep qstardict
qstardict-0.12.9-2.2

dan di openSUSE11.0 tinggal install saja lewat YaST, tanpa harus upgrade.

Terima kasih.

[1] http://wiki.qstardict.ylsoftware.com/Dictionaries_installation

Regards,
Andi S.