Teman milis yang pintar,
Saya ingin meng-koneksi ke internet menggunakan layanan indosatm2. Modem
yang saya gunakan huawei-vodaphone e220. Sampai saat ini belum bisa
koneksi bila menggunakan Ubuntu 8.10, sdangkan bila menggunakan
MSWindows terkoneksi dengan baik. Yang sudah dicoba :
1. Menggunakan Network Manajer dan sudah memasukkan : dial telp *99#,
username, password, APN=indosatm2, PUN, PUK, dll. Dan belum bisa
koneksi.
2. Menggunakan wvdial dg konfigurasi :
[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 3600000
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","indosatm2"

Phone = *99#
Username = *****
Password = *****
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 0
ISDN = 0
Auto DNS = 1

Dan tidak terkoneksi dengan pesan :
+CME ERROR : SIM PIN reguired

Begitu juga dengan KPPP dan Gnome-PPP ada kesalahan SIM PIN required.

Bagaimana cara memasukkan PIN SIM ke konfigurasi wvdial.conf?
Terima kasih