On Fri, 2009-01-23 at 13:58 +0700, Okta Pranata S wrote:

> opsi pada bios nya gimana?

> mungkin kurang setting di bios!

di BIOS nggak ada nyeting apa-apa
Cuma liat aja sih semua (6) device ke detect semua

Primary (1) Master HDD SEAGATE IDE 80GB
Primary (2) Slave HDD SEAGATE IDE 80GB
Secondary (3) Master HDD Maxtor IDE 40GB
Secondary (4) Slave DVD-RW
Lupa... (5) master HDD SATA Seagate 320GB
Lupa... (6) master DVD-RW SATA (Harusnya sih HDD SATA 320GB Juga) tp
berhubung yang IDE ga bisa dipakai sementara dipasang SATA

Setelah selesai loading BIOS, muncul menu Interface SCSInya
ID 1 LUN 0 HDD Seagate 34GB
ID 2 LUN 0 HDD External (pakai colokan di belakang CPU) HDD Seagate 34GB

Kurang lebih seperti itu pak
Kalau nomor 3 dan 4 di copot semua lancar, dan SCSI ID 1 dikenal
sebagai /dev/sda ID 2 dikenal sebagai /dev/sdb

Nyoman