----- Original Message ----- From: "hadi sumarsono" <hdisumars...@yahoo.co.id>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, April 01, 2009 9:10 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] bandwidth prioritas
Pada Wed, 1 Apr 2009 06:34:19 +0700
avudz <avud...@gmail.com> menulis:

2009/4/1 Septian Wibisono <sept...@septianw.web.id>:

> dimasukkan ke konfigurasi squidnya.

+++ sepertinya (maaf, pengalaman saya) delay_pool ini tidak cocok
untuk memprioritaskan antara mana user yang cuma browsing ataupun
user yang mendownload file.

contohnya : user mendownload file > 1 MB menggunakan download
manager, imo, delay_pool tidak bisa mengenal concurent connection
yang dilakukan o/ si user tsb.

saran mas rio  ( iptables - connbytes + tc ) sangat cocok untuk
diterapkan, mungkin mas rio mau berbagi lebih konfigurasi yang sudah
di pakai :-) *maksa*

+++ (berdasar pengalaman juga) kalo user dipaksa pake proxy
ya mesti bisa tho ... dibatasi speed-nya pake squid. Yg jelas
di server musti ada pem-belok-kan koneksi user ke squid.
CMIIW.

--
"Yok Pake Slackware-Linux" di KiosNet LiPiNuX Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927

sebetulnya kalau user nakal, menggunakan DAP versi baru masih lolos oleh delay_pool nya squid,
coba aja hehehe ... di jamin lolos,

untuk kasus ini saya pernah berhasil menggunakan mikrotik, di firewall buat script untuk mendeteksi type2 file yang di akses,
jika ada maka langsung di masukkan ke rule shaper, lumayan ampuh,
btw, kayanya menggunakan tc, iptables (-connbytes) dan htb bisa juga tuh, adakah yang bisa di share disini hehehehe