On Thu, Jul 02, 2009 at 01:13:53PM +0700, Cecep Mahbub wrote:

> Contoh cara monitoring, saya sempet tulis diblog. yang saya monitor
> disitu APC Back-UPS RS 800. seri yang smart itu lebih mudah lagi
> tinggal colok, konfigurasinya sudah default di set utk serial (kalau
> di ubuntu).

Pakai kabel serial bawaan APC ? Atau solder sendiri ?
Di sini ada ups apc smart ups 3000 dan smart ups rt 3000. Kabel
serialnya tidak ada. Belum selesai baca manual apcupsd. Tapi intinya
harus buat sendiri kabelnya. Kabel serial yg sdh ada bawaan ups lexus
1200VA, setelah dicek tdk standar apc.

Yang diinginkan sebenarnya simple, begitu powerline mati, ups kirim
signal ke linux dan linux segera call atau dial ke no tertentu,
tujuannya agar opr segera datang dan nyalakan genset. Maklum di sini mati
listrik kayak makan nasi, sehari 2x, dan kadang tengah malam atau subuh2
mati pln-nya (daya tahan baterai ups ini sekitar 11-15 menit).

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~