Salam

sebelumnya mohon maap, keseringan tanya... :)

di kantor ada 2 mesin linux, yg harus berbagi file. saya sudah
mensetting nfs dan portmap, di kedua buah mesin. mesin yg satu adalah
ubuntu 9.04 sedangkan yg lain zenwalk (lupa versinya).

masalah ada di ubuntu 9.04, dimana port yg dipergunakan oleh mountd dan
lockd selalu berubah-ubah. padahal saya sudah menetapkan rule di mesin
zenwalk yang hanya mengijinkan koneksi ke port yg telah ditentukan
(whitelist). jadi setiap kali ingin mengakses nfs-server (ubuntu9.04)
saya harus melakukan perintah 'rpcinfo -p mesin-ubuntu' utk melihat
port yg terbuka, kemudian mendaftarkan no port itu di iptables. huhhh,
repot sekali.

sudah google mencari tahu caranya membuat nfsd listening di port yg
sama, tapi belum ketemu yg khusus buat ubuntu...

1. adakah temen disini yang punya link-nya..?
2. saya banyak menemukan tutorial meng-konfigurasi nfs server untuk
distro redhat, centOS. menurut teman2 bisakah ini diterapkan utk distro
ubuntu...?
3. mohon pencerahannya karena mesin ubuntu 9.04 tidak konek ke
internet dan berada di kantor lain...

terima kasih atas pencerahannya

-------
Taufiq Luthfi