Halo rekan-rekan semua,

Saya sedang mencoba untuk menggabungkan proxy server dan LTSP server
sekaligus, begini kronologinya.

Pada server ada dua LAN, yang satu nyambung ke internet dan yang satu
nyambung ke hub yang menuju ke klien LTSP.
Saya sudah pasang SQUID server dan sudah menyetelnya dengan
mengallowkan IP klien (192.168.0.0/24) untuk mengakses internet pada
JAM 10.00-13.00. SQUID server bisa digunakan, saya bisa menggunakan
server proxy tersebut dengan mengatur FIrefox agar menggunakan proxy
ke IP 192.168.0.1 (IP server).

Nah, saya mencoba menggunakan teknik transparent proxy. Saya sudah
aktifkan portforwarding dan mengalihkan port 80 ke 3128 dengan
IPTABLES. Namun, kok proxy tersebut tidak bisa digunakan jika
menggunakan opsi proxy otomatis pada browser? Saya coba ganti jam
server ke Jam 09.00, tapi tetap saja proxy tidak terdeteksi.

Terima kasih.

--
Putu Wiramaswara Widya
SMA Negeri 1 Semarapura

Y!M : initrunlevel0
IRC : wira at #blankon in irc.freenode.net
Plurk : http://plurk.com/initrunlevel0
FB : http://facebook.com/wiramaswara
Linux registered user #478580
Ubuntu registered user #25779