Boleh diskusi kan? Boleeeh ;-)

2009/10/12 Masim "Vavai" Sugianto <va...@vavai.com>:
> Hello All,
>
> Beberapa waktu yang lalu saya ada kunjungan ke salah satu lembaga
> negara yang berencana memindahkan Exchange Server ke Zimbra. Untuk
> sementara mereka meminta agar Zimbra menjadi front-end, firewall, anti
> spam & anti virus terhadap Exchange. Jadi Exchange ada dibelakang
> Zimbra. Kalau ada spammer atau hacker yang coba hacking, dia akan
> bertemu dengan Zimbra yang tidak memiliki mailbox apapun (Zimbra hanya
> akan melakukan scanning, email langsung dimasukkan ke inbox Exchange).
> Exchange hanya menggunakan IP Lokal sedangkan Zimbra menggunakan IP
> [...]

Solusi ini apa tidak overkill? Konfigurasi di bawah bisa dengan mudah
disediakan oleh postfix/qmail/exim/whatever

> Dari sisi security implementasi hal ini cukup menarik karena akan :
>
> 1. Mengurangi kemungkinan penyusupan

Boleh dielaborasi nih maksudnya apa? as if Exchange diasumsikan lebih
rentan dari Zimbra gitu? ;-) ada justifikasinya?
Saya bisa "ngerti" kalo frontendnya hardened OpenBSD dengan vanilla
postfix/qmail di frontend, tapi anda pake OpenSUSE (?) - Zimbra,
dengan web interface (?), dan SSH dibuka (?)

> 2. Mengurai dan mengurangi beban mail server. Zimbra hanya menangani
> anti spam & anti virus, sementara Exchange menangani lalu lintas
> email. Exchange bisa langsung direplace Zimbra setiap saat :-)

Apakah SEBELUMNYA seluruh proses dilakukan di satu mesin? Exchange pun
bisa dikonfigurasi dengan banyak mesin yang masing-masing melaksanakan
proses berbeda. CMIIW.
Terus, Uh, mereplace Exchange dengan Zimbra? ;-) kalau anda SUDAH
punya Exchange+AntiSPAM+AntiVIRUS+dll (legal), apa manfaatnya
direplace ke Zimbra?

> Setup Zimbra relatif mudah, hanya install normal kemudian berikan
> perintah sebagai berikut :
>
> $ zmprov md example.com zimbraMailCatchAllAddress @example.com
> $ zmprov md example.com zimbraMailCatchAllForwardingAddress @example.com
> $ zmprov md example.com zimbraMailTransport smtp:mail.example.com

Kenapa tidak pake metode selective forwarding dengan list user yang
bisa diprovide dari Exchange/AD?
triknya bisa pakai http://unixwiz.net/techtips/postfix-exchange-users.html

> Ganti example.com dengan nama domain anda dan mail.example.com dengan
> nama mail server si Exchange (Back-end mail server)

Tidak ada yang diset ulang di Exchange atau Firewallnya, dan DNSnya?
Kalau saya HELO ke IP si Exchange dari internet, dijawab ngga?

Rizky