2009/10/13 Rizky Prasetya <noacco...@rea-prasetya.net>:
> Solusi ini apa tidak overkill? Konfigurasi di bawah bisa dengan mudah
> disediakan oleh postfix/qmail/exim/whatever

Tentu saja bisa disediakan oleh mail server yang lain. Kan saya juga
tidak memberikan statement yang menyatakan hanya Zimbra yang bisa
seperti ini.

> Boleh dielaborasi nih maksudnya apa? as if Exchange diasumsikan lebih
> rentan dari Zimbra gitu? ;-) ada justifikasinya?

Saya tidak pernah menulis dan mengatakan Exchange lebih rentan. Point
saya bukan soal Exchange atau Zimbra melainkan soal implementasi
Front-End Back-end.

> Apakah SEBELUMNYA seluruh proses dilakukan di satu mesin? Exchange pun
> bisa dikonfigurasi dengan banyak mesin yang masing-masing melaksanakan
> proses berbeda. CMIIW.

Tentu saja bisa. Kan sudah dibilang dalam posting saya bahwa instansi
pemerintah / lembaga negara tersebut hendak mereplace Exchange dengan
Zimbra, jadi fungsi multi server dengan Exchange bukan pilihan yang
akan diambil.

> Terus, Uh, mereplace Exchange dengan Zimbra? ;-) kalau anda SUDAH
> punya Exchange+AntiSPAM+AntiVIRUS+dll (legal), apa manfaatnya
> direplace ke Zimbra?

Pengurangan biaya lisensi. Mereka hanya pakai fungsi mail server
standar, tidak keseluruhan fungsi Exchange. Exchange akan diganti
dengan Zimbra versi open source.

> Kenapa tidak pake metode selective forwarding dengan list user yang
> bisa diprovide dari Exchange/AD?
> triknya bisa pakai http://unixwiz.net/techtips/postfix-exchange-users.html

1. Karena kebetulan saya belum tahu solusi tersebut
2. Karena si Exchange/AD hendak direplace dengan Zimbra/PDC Linux

> Tidak ada yang diset ulang di Exchange atau Firewallnya, dan DNSnya?
> Kalau saya HELO ke IP si Exchange dari internet, dijawab ngga?

Exchange menggunakan IP lokal. Fungsi Exchange back-end untuk
sementara tidak diubah. Yang akan diganti adalah Exchange sebagai
front-end. Tahap kedua baru ada penggantian Exchange back-end.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID)         : http://www.vavai.com/blog/v2