Saya membuat backup database yang berjalan mingguan dengan menggunakan
bash script

server asal menggunakan windows
server target menggunakan linux, jadi sebelum melakukan proses copy saya
melakukan mounting ke \\serverbackup\D$ di mana hidden share D$ ini cuma
bisa dibuka oleh group admin saja.

adakah cara mengacak username dan password dalam bash script ? seprti
dalam php, saya bisa melihat contoh username dan password diacak
menggunakan md5.
Kalau bisa mohon petunjuknya/clue atau bahan bacaannya

Mungkin gambaran scriptnya seperti ini:

# Acak username dan password
user=''
pass=''

# Definisikan Variable Date Kemarin
Kemarin=`(date --date="1 day ago" +%Y%m%d)`

# Mount hidden share di Backup Server
# Selanjutkan lakukan copy

/bin/mount -t cifs -o username=$user,password=$pass //serverbackup/D
$  /mount/backup

Mungkin ada ide lain yang bertujuan sama, menyembunyikan user dan
password tersebut ?

Thanks

Nyoman