On Tue, 2009-12-08 at 10:03 +0700, Imam Cartealy wrote:
> salam
>
> ahhh baru ketemu catetannya.
>

> Saya dulu juga sama pak, clamd.ctl suka tiba2 ngilang. ga jelas yang
> bertanggungjawab ngilangin nih socket siapa. Gejala juga sama pak, clamd bisa
> jalan ok, ga masalah sampai setiap waktu tertentu tiba2 saja clamd.ctl
> ngilang.
> Akibatnya ya antrian email jadi panjang. Saya restart lagi clamd-nya ga
> masalah,
> bisa jalan lagi. tapi ya gitu, pada waktu tertentu tiba2 aja clamd.ctl nya
> ngilang lagi.

> [...]

Iya pak... kasus sama, tapi penyebabnya beda... di mesin ini freshclam
jalan normal kok... bisa update (artinya firewall ke port 80 dari mesin
ini nggak terttutup, seperti di kasus bapak), walaupun ada WARNING,
kalau versinya perlu diupdate.

Untuk sementara ya terpaksa harus rajin-rajin mengamati antrian di
postfix, kalau membludak sudah dipastikan clamd nya mati.

Dan hari ini saya coba update clamav nya... mudah2an kedepannya nggak
ngadat lagi

Thanks

Nyoman