2009/12/17 Nyoman [D] <nyo...@royalperspective.com>:

> Saya bukan pak Budi, tapi saya berusaha menjawab
>
> Jawabannya ya itu, seperti email saya sebelumnya
> NAT/MASQ
>
> coba google dengan keyword "iptables MASQ"
>
> Atau meluncur ke sini:
> http://tldp.org/HOWTO/IP-Masquerade-HOWTO/
>
> Nyoman

@Pak nyoman,
yang ini ya pak?
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
iptables -t nat -A POSTROUTING -s $LOCAL_NETWORK -o $EXTERNAL_INTERFACE
-j SNAT --to $EXTERNAL_IP

Silahkan sesuaikan dengan kondisi di sana
LOCAL_NETWORK= Local network di sana, contoh 192.168.1.0/24
EXTERNAL_INTERFACE= eth0 (interface yang ngarah ke upstream)
EXTERNAL_IP= IP address yang di eth0

sudah saya masukin pak..,tetapi juga belum mau...
thanks,