On Wed, Feb 03, 2010 at 05:48:05PM +0800, kurniadi wrote:
> Btw aku buat wan loadbalancing berhasil pake debian lenny kernel 2.6.29, dan
> shorewall 4.4.2 kalo QOS nya emang belum coba sih.

Masalah klasik yang terjadi kalau pakai loadbalancing mengikuti petunjuk
lartc untuk koneksi seperti ym, ssh, atau telnet adalah suka putus
sambung. Ini bisa diatasi kalau dibuat routing statik di sisi server
load balancing, misal client dengan ip sekian akan melewati wan x,
dan client sisanya akan melewati wan y.

Namun dengan patching kernel dan iptables dgn nth, akan bisa dibuat
persistent connection berdasarkan connection marking. Seperti yang
saya tunjukkan pada contoh tadi. Kalau mengikuti load balancing lartc
melulu, maka setiap kali ada koneksi dari client 1 ke server X akan
selalu melewati wan A, meski ada wan B. Tetapi dengan nth+connmark,
koneksi dari client 1 ke server X yg sama berturut2 akan diatur sbb:

1. koneksi pertama via wan A
2. koneksi kedua via wan B
3. koneksi ketiga via wan A
dst...