-----Original Message-----
From: Ihsan Wahyu Juardi [mailto:eyewillw...@yahoo.com]
Sent: 18 Februari 2010 14:09
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: [tanya-jawab] fsck di hard disk 1 TB

Dengan hormat,

Saya mau cerita pengalaman saya yang saya temukan di file server saya yang
centos. Kemaren pagi yang muncul di layar monitor adalah perintah untuk run
fsck manually without options a or p. Kemudian saya lakukan fsck tanpa
options apa -  apa

Kemudian ada proses yang berhubungan dengan inode - inode.

Nah yang bikin capek adalah ketika musti menjawab pertanyaan dengan menekan
tombol y. ketika ada pertanya force rewrite [y] ?

Daripada capek mencet tombol y di keyboard, akhirnya tuh keyboard saya taruh
baut besi gede di atas huruf y :-), dan proses kira - kira sudah berjalan 8
jam lebih belum ada tanda - tanda kapan akan berakhir.

Pertanyaannya ? Bisakah saya mengcancel apa yang sudah saya lakukan dengan
Ctrl+C kemudian memulai lagi tapi tanpa menjawab pertanyaan dengan secara
manual menekan tombol c. Pakai ofptions apa saya seharusnya menggunakan fsck
? apa pengaruhnya terhadap fsck yang sudah berjalan setengah jalan jika
dimulai dari awal?

Demikian milis,

Terima  kasih banyak atas jawaban yang diberikan

Ihsan

++ Dulu saya juga pernah mengalami kejadian spt anda, wkt itu Hdd 500 GB dgn
spek Server Dual Core dan
memory 1 GB, isi hdd hampir 90 % penuh dan proses fsck makan 2 harian tapi
belum selesai juga.
akhirnya saya cancel fsck lalu saya format ulang partisi data lalu restore
dari backup server.
Proses Cuma 1/2 hari udh beres kl nunggu fsck gak tau bisa brp lama. Masukan
dari saya kl ada backup
mending restore dari sana dr pd nunggu fsck (apalagi partisi full data 1 TB)
lama amirrr...