2010/5/22 Ferry Kristianto <mailtomyitan...@gmail.com>:
> Ada yang sudah pernah buat cluster gak? Saya pengen belajar oprek cluster,
> hanya saja bingung mulai darimana.
> sudah baca2 sih tentang openmosix, HPC, beowulf. Tapi bingung mulai darimana
> dulu.
> Mungkin dari teman2 ada yang bisa share pengalaman?

Tergantung apa yang mau anda capai dulu (mau bikin cluster buat apa?).
Caranya beda2 bisa lumayan jauh. Ada yg hampir semuanya di layer
aplikasi jadi gak perlu ada yg khusus di OS nya.

Setelah tau apa yg mau dicapai, biasanya langsung keliatan bagian mana
yg perlu dicluster, apakah filesystemnya, butuh bantuan OS atau nggak,
dsb.

Kalo nggak, ini sama aja org nanya "saya mau belajar Linux dong, tapi
bingung mulai dari mana," nah saran anda gimana kalo ada yg nanya
gitu? :-)

Ronny