Itu bukan benar2 habis tapi terpakai untuk caching dan buffer, jadi memang
memory tidak akan langsung di release ulang ketika suatu aplikasi sudah selesai
menggunakannya melainkan akan dicached dulu . Tapi jika memang ada aplikasi yg
membutuhkan memory dan ternyata yang kosong habis dia akan langsung mengambil
dari cached tersebut .
Kalau ingin membersihkan cached nya tanpa direboot bisa menggunakan :

# echo "1" > /proc/sys/vm/drop_caches

Kalau masalah jadi kencang lagi mungkin cuman perasaaan aja :) .