Saya menggunakan mandriva 2006 untuk kompi jadul saya (pentium II,
harddisk 3 GB dan memori 128 MB). Ketika mengenalkan kartu suara pada
saat instalasi, disarankan untuk menggunakan perintah  sndconfig
setelah instalasi berakhir.

Kemudian saya ketikkan sndconfig di terminal dengan akun root.
Ternyata kartu suara saya tidak terdeteksi Kemudian ditawarkan untuk
mengenalkan secara manual dengan memilih salah satu tipe kartu suara.

Tipe kartu suara saya ess688 dengan tipe kartu ISA. Setelah saya pilih
tipe tersebut, ada perintah untuk menyesuaikan seting di layar dengan
jumper pada kartu suara.

Port  I/O                  IRQ                DMA
0 x 220 (x)                 5                    0
0 x 240                      7 (x)               1 (x)

Setelah saya masukkan setingan kartu suara saya, kemudian akan
dimainkan sebuah sampel suara untuk memeriksa apakah kartu suara sudah
terkonfigurasi secara benar. Kemudian terdengar suara pak linus
torvald. Tak lama kemudian, muncul sebuah jendela yg menyatakan bahwa
sudah terdapat file dengan nama /etc/modules.conf . File tersebut akan
di-rename menjadi /etc/modules.conf.bak dan sebuah file baru akan
ditulis.

Saya mencoba dengan totem player, ternyata suara belum keluar.
Kemudian saya mencoba untuk restart dan ternyata hasilnya masih sama
saja. Saya mencoba mengklik kendali volume dan hasilnya adalah : Tidak
ada bagian kendali volume dan/atau perangkat ditemukan.

Kemudian saya memeriksa di pusat kontrol mandriva tepatnya di bagian
layanan. Saya curiga di bagian alsa (sistem suara alsa) kok berhenti.
Kemudian saya start ulang kok tidak mau ya. Kemudian saya mengecek
pada layanan sound, saya restart lagi layanan tsb. Hasilnya masih sama
saja (tidak mau bersuara). Mungkin teman-teman pernah mengalami
kejadian semacam itu? Mohon di-sharing. Terima kasih.