-- Pada Rab, 26/5/10, Rusmanto <r...@infolinux.co.id> menulis:

> Judul: Re: [tanya-jawab] remote sejak booting
> Kepada: tanya-jawab@linux.or.id
> Tanggal: Rabu, 26 Mei, 2010, 5:41 AM
> dipasang di server tersebut yang bisa digunakan untuk remote
> sejak proses booting ?
>
> Artinya ada teman yg dapat dimintai tolong?
> boot server dg live cd yg langsung jalankan ssh server,
> misal
> http://slampp.abangadek.com/info/

CMIIW,
Seperti nya untuk feature semacam ini memang harus bawaan dari server nya.
Artinya bukan card yg bisa integrated dengan semua hardware . Jadi setau saya
contoh nya seperti DRAC nya DELL, card nya tidak akan ada artinya kalau di
arsitektur hardware nya tidak ditambahkan Embedded Server Management (ESM)
chip, master2 dari vendor hardware mungkin lebih mengerti soal ini :) . Dan HP
ILO, atau IBM RSA pun saya rasa sistemnya sama .

Mungkin kalau adapun system remote management seperti ini yg dijual terpisah,
harganya saya rasa bisa lebih mahal daripada license nya ILO sendiri :) . Jadi
mungkin solusi yg lain ya hanya yg telah rekan2 yg lain sarankan sebelumnya.

-Arief Furqon