2010/7/14 rasyid <wilan...@gmail.com>:
>  maaf klo menggemaskan pak :-)
>  SSD ini nyoloknya ke kabel UTP trus di mount ke server.

SSD yang dimaksud di sini ini sebetulnya Solid State Drive bukan sih?
So far sih kayaknya gak ada hubungannya harddisknya SSD beneran apa
bukan. Atau jangan2 nama servernya, atau merek harddisknya, atau merek
NAS-nya yg SSD? Kalo iya, istilah SSD di sini bikin bingung.

Trus yg IP addressnya 192.168.0.5 itu mesin yg mana? Dari 192.168.0.5
ke physical harddisknya nyambungnya gimana?

>  saya melakukan penghapusan sdh dari mesin yg ngemount juga.

Tapi mountnya lewat network! Ini yg bikin ribet. Ada tambahan layer
file server lagi yg menyulitkan mencari tahu sebabnya kenapa gak bisa
dihapus. Kalo tujuan akhirnya mau menghapus dan anda punya akses untuk
menghapus tanpa melewati perantara, kan lebih mudah? Minimal
mempermudah mencari tau kenapa tidak bisa dihapus.

Coba anda masuk sampe ke mesin yg ngemount harddisk tsb secara lokal
(USB, SATA, IDE, SCSI, Firewire, ...), bukan lewat network (CIFS, SMB,
NFS, SSHFS, ...).

Kalo tetep mau ngotot ngapus lewat CIFS, minimal anda cek di log file
servernya kenapa kok denied.

Ronny