2011/12/24 Arief Yudhawarman <arief.mi...@jember.net>:

> Pakai hddtemp bisa namun anda harus lakukan konversi dulu
> dg alat pemantau suhu karena suhu harddisk memang selalu lebih
> besar dr suhu kamar.
>
> Kantor saya mempunyai 2 server centos 5.4 namun hasil
> perintah hddtemp tidak memperlihatkan temperatur yg sama
> di kedua server padahl posisi server berdekatan:
>
> [yudi@server3 ~]$ hddtemp /dev/sda; hddtemp /dev/sdb
> /dev/sda: ST31500341AS: 43°C
> /dev/sdb: ST31500341AS: 38°C
>
> [yudi@pc124-host ~]$ hddtemp /dev/sda; hddtemp /dev/sdb
> /dev/sda: ST31000528AS: 31°C
> /dev/sdb: ST31000528AS: 32°C

> [...]

utk hddtemp saya sudah install dan berfungsi dengan baik, tapi anehnya
suhu HDD saya rata-rata 46 derajat celcius, suhu tertinggi yg pernah
saya periksa adalah 50 derajat celcius. padahal itu server ada di
ruang data center dgn suhu pendingin ruangan yg tidak pernah lebih
dari 20 derajat celcius, mungkin arsitektur server yang kurang baik.
FYI server IBM X3105 tower