  From: Zen Sutawijaya
  To: wismamas@yahoogroups.com
  Sent: Tuesday, July 15, 2008 5:46 PM
  Subject: [Wismamas] Re: Tayangan TV yg Berbahaya

  sumber nya darimana niy? kok ga tercantum ... tapi emang siy, meskipun
  saya ga punya anak, kadang suka miris aja, tontonan anak atau yg
  potensial jadi tontonan anak anak, bahasanya luar biasa, tindakannya
  luar biasa ... ga heran kalo di sekitaran wismamas terkontaminasi
  (kekerasan dari tv ...)

  mungkin perlu dihembuskan angin segar tata krama, kedamaian & etika
  timur ya? (heheheheh .. biar saya juga bisa belajar lagi)

  peace!

  --- In wismamas@yahoogroups.com, "44N" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > Waspadai Tayangan TV Anda
  >
  > Senin, 14 Juli 2008 | 14:53 WIB
  > JAKARTA, SENIN - Maraknya program televisi untuk anak yang justru
  tak layak ditonton anak-anak, tentunya mengundang keprihatinan. Komisi
  Penyiaran Indonesia dan sejumlah penelitian menunjukkan, tak sedikit
  acara televisi khusus anak yang mengandung unsur kekerasan dan
  seksual, sehingga tak pantas dikonsumsi anak.

  > Pada media Kidia edisi Juni-Juli yang dikeluarkan Yayasan
  Pengembangan Media Anak (YPMA), disebutkan daftar acara yang masuk
  dalam kategori "Aman", "Hati-hati" dan "Bahaya" untuk anak. Ingin tahu?

  > Tayangan televisi yang "Aman" bagi anak, bukan hanya tayangan yang
  menghibur, melainkan juga memberikan manfaat lebih. Manfaat tersebut
  misalnya, pendidikan, memberikan motivasi, mengembangkan sikap percaya
  diri anak dan penanaman nilai-nilai positif dalam kehidupan. Sekalipun
  aman, orangtua diimbau untuk mendampingi anak-anak menonton TV.

  > Sementara, tayangan yang masuk dalam kategori "Hati-hati", adalah
  tayangan anak yang dinilai relatif seimbang antara muatan positif dan
  negatifnya. Seringkali, tayangan yang masuk kategori ini memberikan
  nilai hiburan serta pendidikan dan nilai positif, namun juga dinilai
  mengandung muatan negatif seperti kekerasan, mistis, seks dan bahasa
  kasar yang tidak mencolok.

  > Nah, tayangan yang masuk dalam kategori "Bahaya" merupakan tayangan
  yang mengandung lebih banyak muatan negatif, seperti kekerasan,
  mistis, seks dan bahasa kasar. Kekerasan dan mistis dalam tayangan
  yang masuk dalam kategori ini dinilai cukup intens. Sehingga, bukan
  lagi menjadi bentuk pengembangan cerita, tapi sudah menjadi inti
  cerita. Tayangan dalam kategori ini, disarankan untuk tidak disaksikan
  anak.

  > Berikut ini adalah daftar acara yang masuk dalam kategori "Aman",
  "Hati-hati" dan "Bahaya"

  > :AMAN : Varia Anak (TVRI), Bocah Petualang, Laptop Si Unyil, Jalan
  Sesama, Cita-citaku, Si Bolang ke Kota, Buku Harian si Unyil (TRANS7),
  Surat Sahabat, Cerita Anak, Main Yuk! (TRANS TV), Dora The Explorer,
  Go! Diego Go!, Chalkzone, Backyardians (TV G) dan Masa Kalah Sama
  Anak-anak (TV One)

  > HATI-HATI : Idola Cilik Seleb, Rapor Idola Cilik Seleb, Doraemon,
  Pentas Idola Cilik, Rapor Pentas Idola Cilik (RCTI), Casper,
  Harveytoon (TPI), Transformers (AN TV), Pokemon Series, Bakugan Battle
  Brawlers, Konser Eliminasi 6 AFI Junior (IVM), New Scooby Doo Movie
  (TRANS7), SpongeBob Squarepants, Avatar : The Legend of Aang, Carita
  De Angel (TV G)

  > BAHAYA : Tom & Jerry, Crayon Sinchan (RCTI), Si Entong, Tom & Jerry,
  Si Entong 2 (TPI), Popeye Original, Oggy & The Cockroaches (AN TV),
  Detective Conan, Dragon Ball, Naruto 4 (INDOSIAR), Tom & Jerry
  (TRANS7), One Piece, Naruto (TV G).

Kirim email ke