AWW.

Mohon maaf Pak Joni dan Pak Syafril, saya memang harus banyak belajar lagi
tapi bukan berarti tidak boleh berkomentar kan?

----- Original Message -----
From: "Syafril Hermansyah" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, November 07, 2002 9:25 PM
Subject: [yonsatu] Re: Arab vs. Israel (Re: Arab, huh! & New World)

> On Wed, 6 Nov 2002 01:27:58 +0700 Akhmad Bukhari Saleh (ABS) wrote:
>
> [ analisis yg bagus sekali ]

Mulanya perang Arab-Israel mungkin bukan karena masalah agama, namun
berikutnya berkembang menjadi masalah agama dan masalah lainnya yang sangat
kompleks. Saya katakan mungkin, karena orang-orang Yahudi itu mengklaim
bahwa wilayah Israel sekarang dan Palestina adalah wilayah yang dijanjikan
oleh Tuhan mereka sebagai tanah mereka ketika dibawa hijrah oleh Musa a.s.
dari Mesir, dan itu adalah masalah agama.

Memang istri Arafat bukanlah muslim, sehingga bagi kelompok pejuang
Palestina yang lain Arafat tidak dianggap sebagai representasi "pejuang
Islam", Arafat hanyalah seorang nasionalis Palestina yang kebetulan beragama
Islam. Oleh karena itu mereka yang melihat perjuangan Arafat dan
kawan-kawannya melawan Israel akan menyimpulkan bahwa hal itu bukanlah
perjuangan Islam, tapi hanya "sekedar" perjuangan mewujudkan eksistensi
negara Palestina yang sekuler. Hal ini berbeda dengan pejuang Islam lainnya
seperti Hamas yang memang tidak di bawah kontrol Arafat.

Bahwa banyak warga Palestina non muslim yang meninggal akibat serbuan
Israel, hal itu terjadi karena memang peluru tidak pandang bulu. Yang diburu
oleh Israel adalah para pejuang Islam yang memiliki keberanian luar biasa,
bahkan mereka sanggup melakukan "bom syahid", bom bunuh diri menurut istilah
barat dan israel, kebetulan mereka bersembunyi di wilayah yang dihuni juga
oleh warga Kristen, bahkan bersembunyi di gereja yang tentu saja tempat
beribadahnya umat Kristen. Israel kalap, akhirnya dibombardirlah gereja itu.
Jadi kalau pun banyak warga kristen meninggal, hal itu bukan tujuan Isreal.

Saat ini Arafat dipersalahkan oleh Israel, tidak dalam kapasitas sebagai
otak dari serangan para pejuang Islam, karena kalau dianggap otaknya pasti
dalam hitungan detik Israel mampu melumpuhkan Arafat dan para pengawalnya.
Beliau dipersalahkan karena dipandang tidak mampu mengendalikan para pejuang
muslim ini. Israel sangat takut terhadap para pejuang muslim yang dengan
gagah berani mengorbankan segalanya, bahkan nyawanya. Hal itu terjadi karena
mereka merasa terusik bukan sekedar perasaan nasionalismenya saja tapi sudah
menyentuh wilayah transenden. Jadi menurut saya, sangat jelas latar belakang
ideologis perjuangan Arafat dan para pejuang muslim melawan Israel.

Satu hal yang pasti dalam terminologi Islam, umat Musa a.s. dan Isa a.s.
mereka semuanya adalah muslim bukan Yahudi atau Nasrani seperti sekarang
ini. Jadi mereduksi perang Arab-Israel sebagai perebutan tanah belaka,
adalah sebuah upaya mensekularisasikan persoalan, seakan-akan semuanya hanya
persoalan dunia dan tidak ada hubungannya dengan agama. (dalam sudut pandang
Islam kaffah, Islam tidak mendikotomikan antara persoalan "dunia" dan
"agama").

Bahwa dalam faktanya pemerintah negara-negara Arab terkesan berperang karena
perebutan tanah dan sumber daya lainnya tidaklah menjadi justifikasi bahwa
persoalan itu yang menjadi wacananya. Hal ini harus dilihat secara
komprehensif karena ketergantungan pemerintah negara-negara Arab terhadap
barat. Tapi lihatlah bahwa banyak warga dari negara-negara Arab ini yang
tidak sejalan dengan kebijakan pemerintahnya, Usamah bin Ladin misalnya.

> Benar.
> Kenapa banyak orang kita tidak terpikir kesana ya dari jaman dulu?

> Bener juga.

> Ah ya, sekarang jelas untuk saya alasan Gus Dur dulu hari yg mendekati
> Israel bahkan mau berkunjung kesana.
> Cuma kok soal dasar pemikiran Gus Dur maupun Tokoh Islam yg lain itu
> tidak terdengar ya, terus terang baru sekarang ini saya mendengarnya.

> Selain NU siapa lagi yg mbalelo Pak ?

Pandangan Gus Dur dan pengikutnya (misalnya JIL) pasti demikian, karena
pemahaman mereka tentang sekularisasi agama. Buat mereka Islam hanya sekedar
satpam moral dan 'personal pietesm', tidak ada kaitannya dengan negara
kecuali itu tadi, penjaga moralitas agar tidak KKN dan melanggar hukum. Jadi
sangat wajar kalau beliau tidak akan mengaitkan perjuangan umat Islam di
mana pun sebagai perjuangan agama, paling banter beliau akan mengatakan
perjuangan masyarakat/warga/bangsa yang kebetulan beragama Islam.

Pandangan ini berbeda, kalaupun tidak disebut berlawanan, dengan mereka yang
disebut kaffah (fundamentalis), yang senantiasa mengaitkan semua persoalan
di dunia ini dengan masalah agama. Karena menurut sudut pandang mereka tidak
satu persoalan pun di dunia ini yang tidak ada hubungannya atau tidak
berimplikasi pada masalah agama. Jangankan persoalan menjaga kehormatan
negara, harta, akal, keturunan, dan hukum, maaf......kentut pun diurus oleh
agama.

Soal Palestina dulu menjajah Israel saya kira Gus Dur naif. Setahu saya
Israel baru ada tahun 1948 (?). Kalaupun yang dimaksud daerah yang sekarang
menjadi Israel dahulunya dijajah Palestina, lalu apa yang akan kita katakan
terhadap bangsa Eropa yang sekarang menguasai Amerika dan Australia atau
Indonesia terhadap Timor Timur? Sekali lagi pandangan Gus Dur demikian
karena memang Gus Dur tidak melihat ada persoalan agama di sana, semuanya
dunia Karena itu bagi Gus Dur membuka hubungan dagang bahkan diplomatik pun
tidak ada masalah. Pak Joni Saleh pasti tahu bahwa fosfat yang digunakan
sebagai bahan baku pupuk di Petrokimia diimpor dari mana.

Sekuler atau kaffah semuanya memang pendekatan seorang muslim untuk
mengamalkan Islam, banyak varian di antara keduanya. Masalah mana yang
benar, tentu bukan urusan kita, tapi siapapun berhak untuk menyatakan bahwa
keyakinanannyalah yang benar dan mempromosikannya kepada yang lain selama
tidak dengan cara kekerasan dan intimidasi. Siapa tahu pendekatan sekuler
yang diyakini Gus Dur yang benar, tapi tidak tertutup kemungkinan pandangan
kaffahlah (fundamentalis) yang lebih benar. Tapi apapun namanya Islam
hanyalah Islam, sekuler ataupun fundamentalis hanyalah sebutan yang kita
ada-adakan saja.

Wassalam. DZArifin.

Moderators     : <mailto:yonsatu-moderators@;mahawarman.net>