On Fri, 14 Nov 2003 03:13:58 -0800 (PST) Rio Andreas Barus (RAB) wrote:

> Pada saat itu dia sedang bersama koleganya dan sedang menggunakan hp
> pada saat hujan. Dia langsung jatuh dan hpnya terbakar hebat. Tapi
> tidak  ada luka bakar pada tubuhnya.

Wah nampaknya justru dia beruntung bawa HP, kalau tidak malah dia
sendiri yg kena petir :-)

>  Koleganya yang berada di  sampingnya tidak merasakan apa- apa.
> Berdasarkan penelitian, kilat  bisa berjalan melalui gelombang hp yang
> sedang aktif.

Sayang tidak disebutkan penelitian dari mana, dan lokasi kejadiannya
dimana.
Di daerah rumah saya dulu (nama desanya Pondok Petir, Sawangan Depok),
petirnya berkelakuan aneh, nyambernya bukan ke "pucuk" tertinggi,
melainkan langsung menghunjam ke tanah. Menurut ceritanya penduduk, hal
tersebut terutama di lokasi yg tanahnya disebut "tanah luwa" (tanah ular
?). Makanya disitu kalau sudah mulai mendung, semua orang diharapkan
tidak berada dijalan (cari tempat meneduh), dan baru jalan keluar justru
setelah hujan turun dg deras/lama.

Di depan rumah saya, tiang listrik bukanlah pucuk tertinggi, masih ada 2
pohon fikus yg jauh lebih tinggi daripada tiang listrik (jarak tiang
listrik ke pohon fikus sekitar 5 - 10 meter. Akan tetapi tiang listrik
didepan rumah sering sekali tersambar petir.

Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>