Mudah2-an bukan karena Jiper atau karena Ketua Sekber nya pengusaha terbesar
sa' Indonesia atau karena emang akal2-an supaya citra pro rakyat makin
ngejreng...berita dibawah bagi saya sih seperti anti klimaks saja....

AFAIK, Pemerintah tidak tegas. Mestinya apapapun kebijakan harus diperjuangkan,
apalagi kalo tujuannya adalah for a greater good...masa bodolah dengan
pencitraan

Pemerintah Hitung Ulang Kenaikan TDL Demi Pengusaha
Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance

Darwin Saleh (dok detikcom) Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)
Darwin Zahedy Saleh mengakui perhitungan ulang kenaikan tarif dasar listrik
(TDL) bagi kalangan industri dilakukan karena pemerintah ingin fair merespons
protes dari para pengusaha.

"Pemerintah juga ingin fair atas masukan pengusaha ini. Kita lihat kembali di
mana miss-persepsinya ini yang sedang kita lakukan," jelas Darwin usai
menghadiri rapat soal TDL di Kantor Menko Perekonomian, lapangan Banteng,
Jakarta, Rabu (14/7/2010).

Rapat tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN
Mustafa Abubakar, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menkeu Agus Martowardoyo,
serta jajaran direksi PLN.

Darwin merasa heran mengapa perbedaan perhitungan tersebut bisa terjadi. Namun,
lanjut dia, pada dasarnya pemerintah tetap mendengar masukan-masukan dari
kalangan dunia usaha maupun pelanggan lainnya. Saat ini seluruh masukan
tersebut sedang ditinjau kembali dengan melakukan perhitungan ulang terhadap
TDL kalangan industri.

Dalam pembahasan tersebut, pihaknya akan lebih memfokuskan pada
pelanggan-pelanggan industri yang mengaku mengalami kenaikan tagihan hingga di
atas 30%. Namun di sisi lain, ada pelanggan-pelanggan yang justru mengalami
penurunan sampai di atas 10%.

"Kita fokuskan pelanggan golongan pengusaha yang bagaimana, di daerah mana, di
Jawa Barat, Jawa Timur atau bagaimana itu yang akan kita lihat satu persatu.
Jadi itu ditelaah secara khusus kenapa begitu," ungkapnya.

Darwin menyatakan kemungkinan  pihaknya akan melakukan penyesuaian agar
perbedaan antara pelanggan industri yang satu dengan yang lain tidak terlalu
besar.

"Jadi begini, range yang naik itu ditengarai ada yang di atas 30%,  di atas
40%, bahkan ada yang di atas 50%. Tapi ada juga yang mengalami penurunan hingga
minus 10%. Jadi kita ingin bagi beban yang objektif," paparnya.

Seperti diketahui, Para pengusaha sebelumnya menuding pemerintah telah
melanggar janji soal besaran kenaikan TDL industri, Awalnya kenaikan TDL
dijanjikan di kisaran 10-15%, namun ternyata kenaikan TDL bisa 11-80%
tergantung jenis industrinya.

Untuk itu, pengusaha meminta pemerintah segera menunda kenaikan TDL yang sudah
berlaku sejak 1 Juli lalu. DPR sendiri menilai penundaan kenaikan TDL itu
dimungkinkan asalkan dana subsidi yang membengkak dalam APBN-P 2010 dapat
ditutupi oleh pemerintah.

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "dyahanggitasari"
<dyahanggitas...@...> wrote:

> Memangnya hanya pengusaha saja yang protes, bagaimana nih nasib rumah tangga
> yang dibebani juga kenaikan TDL?
>
> Protes Kenaikan TDL Dituding Hanya Akal-akalan Pengusaha
> Suhendra - detikFinance
>
> Jakarta - Protes kalangan pengusaha terhadap perhitungan kenaikan tarif dasar
> listrik (TDL) tak melulu mendapat dukungan. Kalangan serikat pekerja justru
> berpendapat protes itu hanya akal-akalannya pengusaha untuk tetap menikmati
> subsidi listrik.
>
> "Itu bisa-bisanya Apindo, ada kepentingan supaya pemerintah memberikan
> [...]

Kirim email ke