From: yanto chiang [mailto:yanto_chi...@yahoo.com]
Sent: Tuesday, October 06, 2009 09:10
To: binusnet@yahoogroups.com
Subject: Re: [BinusNet] Help antivirus untuk exchange 2007

Hi Han,

Setidaknya informasi dari Frans, betul sesuai dengan informasinya.

Karena exchange server protection itu sudah berbeda dengan desktop
protection. Dimana exchange server biasanya berfungsi seperti Mail Gateway
yang dimana melakukan scanning setiap email yang diterima (inbound) ataupun
yang akan dikirim (outbound).

Lebih spesifik dalam dunia security ada beberapa produk yang available dan
kembali ke kebutuhan dan budget dari perusahaan.
Apabila suatu perusahaan yang sudah cukup besar membutuhkan lebih spesifik
protection dalam hal mail servernya, bisa menggunakan produk mail security
gateway yang berupa hardware. kemudian di untuk melengkapinya dapat
menggunakan AV Desktop untuk mencegah internal abuse.

Saat ini ada produk yang dimana bernama UTM (Unified Threat Management) yang
dimana sudah datang dengan feature seperti Antivirus Gateway, Anti Spam, Web
Filtering, Firewall, IPS, VPN bisa dijangkau dengan harga yg affordable
(Kembali ke perusahaan dari suatu brand) contohnya seperti Watchguard
(www.watchguard.com). Kemudian di sisi client - server Anda bisa
mempergunakan AV Desktop.

Contoh konfigurasinya :

Router -- Firewall (Watchguard) -- Internal Network (Server dan Clients,
yang dimana terinstall AV Desktop)

Berharap dapat memberikan sedikit gambaran dan informasi.

 Thanks and Regards,

Yanto