Bung Andri Yang bijaksana,
Komentar bung selalu singkat tapi padat. Saya belajar dari bung. Semua kita
sesungguhnya masih belajar, tapi ada yang lebih cepat majunya dan ada yang
kurang cepat. Saya termasuk yang kurang cepat itu. Tapi sungguh-sungguh saya
juga ingin belajar dari siapapun. Tapi disamping belajar kita juga berusaha
berbuat sungguh-sungguh. < Pribumi> , <Non Pribumi>, <Asli> , <Bukan asli>
<Pendatang> , < Peranakan> , <Totok> <CINA>, dsb, dsb-nya, CUMALAH sebuah
kata atau nama. Dan apalah artinya sebuah nama. Tapi kita memang akan
bersungguh-sungguh bila sebuah kata atau nama ditunggangi atau dimanipulasi
seseorang atau penguasa, atau rezim atau siapa saja, untuk mengambil
keuntungan tertentu dan merugikan orang banyak, apalagi merugikan seluruh
rakyat. Tapi seperti juga pemikiran bung, kalau kata yang telah menjadi
coreng moreng itu lalu rame-rame kita sikat dari muka bumi, dari kamus,
disapu bersih, tapi bukan dibersihkan nodanya untuk kita miliki kembali
sebagai kekayaan kita sendiri, perbuatan yang demikian bukanlah perbuataan
yang produktif bahkan anti produktif. Secara berkelakar, bila umpamanya bung
ditanya seseorang apakah pribumi atau non pribumi, lalu bung jawab: "Saya
pribumi!". Lalu bung sendiri, umpamanya merasa lucu karena mata yang sipit,
kulit yang lebih putih dari pribumi dsb,dsb. Juga yang menanyai yang tampak
pribumi asli atau pribumi totok, juga berpikir seperti bung. Apakah ini
lucu?. Ya, memang itu lucu. Tapi juga di sana terkandung satu keseriusan.
Bung telah berani menggunakan hak bung, merasa pribumi dan memang pribumi.
Soal yang bung anggap halangan karena mata sipit dan semua ciri-ciri husus
yang bersifat biologis lainnya itu, kita anggap sebagai pergurauan yang
membuat kita gembira, sebuah humor yang sehat. Saya menyaksikan sendiri
meskipun hanya dalam sebuah film dokumenter, film ilmiah, bahwa DNA seorang
warga Kirgistan yang ciri biologisnya sangat Cina, tapi ternyata dia masih
mermiliki DNA nenek moyang asal muasal manusia, yanga sama dengan DNA-nya
nenek moyang kita yang dari benua Afrika (ketika itu tentu saja belum ada
yang namanya bangsa Afrika, cuma nama geografis saja) yang puluhan ribu
tahun lalu. Dalam film itu juga tampak lucu, seorang yang berwajah Cina tapi
punya DNA Afrika dan berkebangsaan Kirgistan. Dia tertawa, sang
doktor(penyelidik) juga tertawa bahkan saya sendiri sebagai penonton TV itu
turut tertawa. Tapi yang terserius adalah bahwa telah terbuktikan secara
ilmiah yang tidak mungkin dibantah lagi bahwa kita umat manusia ini berasal
dari nenek moyang yang sama. Semua kita dari Afrika. Tapi manusia telah
terlanjur mengkotak-kotakkan dirinya menjadi puak-puak, suku-suku dan lalu
bangsa-bangsa. Itu juga suatu yang wajar saja dalam perkembangan sejarah
kehidupan manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk dinamis. Tapi yang tidak
wajar adalah,  ketika sekelompok manusia merasa dirinya lebih tinggi, lebih
berhak dari kelompok atau bangsa yang lain dengan dirinya. Ketidak wajaran
inilah yang kita lawan sepanjang masa. Tapi bagaima cara melawannya?. Tentu
saja dengan bermacam cara yang sesuai dan juga mestinya efektif agar
mendapatkan hasil yang kita inginkan. Di sinilah pentingnya kita saling
bertukar pikiran dan saling belajar dan bukan hanya menuruti instruksi,
perintah, apalagi pemaksaan mutlak dari para diktator bangsa yang bila perlu
kita lawan, harus kita lawan dengan berbagai cara.
Salam sebangsa  dan setanah air.
asahan aidit