From: "Erik" <rsn...@yahoo.com>
Date: Wed, 03 Feb 2010 06:29:21
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: AYO SUMBANG ANJUNGAN BUDAYA TIONGHOA.  Boen Bio
&  Li Thang  GUS DUR

Ya, betul! Di luar rasa miris kita terhadap ulah mereka yang mengklaim
diri "Tokoh Masyarakat Tionghoa" yang ikut memberangus situs-situs
budaya Tionghoa di Indonesia. Sebetulnya kita juga tidak pernah merasa
turut memiliki TBT yang Di TMII itu kok.

Bagaimana bisa sense of belonging itu dimunculkan dari kami, bila para
pemrakarsa bertindak arogan dan otoriter. Yang diminta dari kita-kita
cuma partisipasi menyumbang duit, sedang ide, pikiran dan saran kita
sama sekali tak didengar mereka.

Salah satu contohnya adalah Teddy Yusuf yang tidak pernah mau
menghormati pendapat masyarakat Tionghoa, ngotot mengganti simbol Capji
Shio dengan jenis-jenis satwa yang khas Indonesia. Argumen dia adalah
agar supaya TBT itu tidak dianggap representasi salah satu agama, dan
sekaligus juga lebih mencerminkan telah mengindonesianya masyarakat
Tionghoa!!

Contoh hal-hal kecil itu saja dia tidak pernah mau menerima masukan dari
masyarakat. Apa lagi kalau ide-ide serius lainnya. Mimpi kali..!!!!!

Salam,

Erik

------------------------------------------------------------------------\
----------

  In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Bung(atau mbak?) srustan, sebelum anda susah2 mikirin ide serius yg
mau disumbang, saya kira lebih baik diselidiki dulu bentuk kepanitiaan
tbt tmii ini dulu. Dari situ kita akan lihat, ini proyek serius atau
hura2, educative atau politis?

> Jika yg ngurusi isinya orang yg tak paham budaya semua, mau kita usul
segala macam ya percuma, jika dilaksanakan sepotong2 juga akan tambal
sulam, amburadul dan hasil akhirnya biikin kecewa.

> Lain halnya jika di dalamnya duduk para akademisi dan budayawan,
omongannya baru bisa nyambung.

> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke