> Saya pinjam kalimat Bung Harry Sufehmi: "bisnis Linux/FOSS lebih manusiawi".
> Tapi tetap saja bisnis kan? Di situ ada trik dan persaingan yang bisa
> menjatuhkan lainnya juga. Menurut saya, kita sikapi saja secara wajar tidak
> perlu terlalu khawatir. Karena tidak ada idealisme yang "betul-betul
> idealisme" sebab akan selalu ada yang namanya "kepentingan". Dan disitulah
> letak bias-nya sekaligus letak etikanya.

kalau tidak "betul-betul idealisme" ya bukan idealisme donk pak
namanya :D. tapi saya mengerti idenya. bahwa idealisme dengan
kepentingan/kebutuhan kadang tidak sejalan bahkan berlawanan. dan
menjalankan idealisme kadang menyakitkan, tapi biasanya setelah itu
kebahagiaan datang menyusul pak :)
--
Utian Ayuba