Yang belum jelas mungkin adalah premise korelasi antara tidak menggunakan aplikasi proprietary dan kemandirian, ini perlu dibuktikan dan ditekankan. Apakah memang benar kalau menggunakan Linux/FOSS maka bangsa kita akan lebih mandiri?

saya suka ini. tantangan :)

Ini sudah bisa dirasakan, tapi juga perlu dibuktikan. Antara lain dengan meningkatkan "kandungan lokal" dan pemanfaatan/penggunaan aplikasi Linux/FOSS hasil pengembangan proyek lokal. Sebab kita harus sadari bahwa Linux/FOSS juga bukan produk lokal dan soal monopoli juga bisa saja terjadi (meskipun tidak separah model proprietary).

saya tidak sependapat pak tentang kemungkinan monopoli bisa terjadi di FOSS. menurut saya tidak satu orangpun bisa menguasai FOSS, tidak bagi Sun, tidak bagi IBM, bahkan tidak bagi Linus Torvalds dan Richard Stallman sekalipun. :)

--
Utian Ayuba