On 16 Mei 2012, at 15:12, Konoha Amano <zetsuri...@gmail.com> wrote:

> Salam,
>

> Sekedar ingin mendiskusikan tentang FOSS secara umum.
>
> Kadang ada beberapa produk yang memanfaatkan piranti open source, tetapi
> konsepnya tidak orisinal atau bahkan sekedar menjiplak produk yang sudah
> ada. Menjiplak di sini maksudnya adalah menjiplak ide kreatif (desain
> produk, artwork, user interface dsb), bukan
> menjiplak fungsi atau kegunaan.
>
> Sebagai contohnya, saya pernah membaca selentingan bahwa Samsung Galaxy
> Tab (dengan OS open source Android) adalah produk 'sampah' karena meniru
> [...]

Perlu diingat bahwa android tidak full free dan open. Masih ada
komponen propietary, diantaranya adalah aplikasi market. Tanpa
aplikasi ini, menambahkan aplikasi akan sulit dilakukan.

Yang dijiplak oleh Samsung bukan aplikasi, tapi mulai dari kemasan,
bentuk produk, charger, sampai kabel. Langkah yang menurut saya
pribadi sangat tidak tahu malu.

--
Donny Kurnia
Apple ID: donnykur...@gmail.com