Wa'alaykumus salaam warahmatullah,

Pak Syafrinal Syarien yang saya hormarti,

Mohon maaf ada yang terlewat dalam tulisan saya sebelumnya yakni bahwa
hukuman zina dapat juga diberikan jika ada pengakuan dari pelaku
sebagaimana yang terjadi dalam kasus Maiz di masa Rasulullah Shallallahu
'alayhi wa Sallam.

Mungkin akan aneh jika kita mengharapkan ada pezina yang mau mengaku.
Namun, dalam Islam, seorang pelaku kejahatan yang bertaubat dan dikenakan
hukuman had akan mendapatkan pengampunan atas dosa kejahatannya, in syaa
Allah.

Memang berat sekali persyaratan penjatuhan vonis zina karena hukumannya pun
berat. Hukuman mati dengan rajam tentunya berbeda dengan hukuman mati
dengan hukuman pancung. Tuduhan palsu dalam kasus zina pun memiliki hukuman
yang berat.

Bagaimana jika ada bukti forensik tetapi tidak ada saksi atau pengakuan?
Pemerintah dapat menetapkan hukuman yang disebut ta'zir sesuai keadaan
zaman. Hukuman ta'zir bisa juga mencakup hukuman mati.

Allahu Ta'ala a'lam.

---
Ahmad Ridha