Pak Akmal yang saya hormati,

Saya berangkat dari pemahaman bahwa ulama, sebesar apapun beliau, adalah
manusia yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, bukanlah hal yang tidak
mungkin ada ulama yang tidak mengetahui bahwa telah ada ijma' dalam suatu
perkara. Begitu juga sebaliknya, bisa saja seorang ulama keliru dalam
menyatakan adanya klaim ijma'. Suatu klaim ijma' dapat dibuktikan keliru
misalnya dengan menunjukkan adanya dalil dari al-Qur'an dan as-Sunnah atau
pendapat shahabat, tabi'in, atau tabi'ut tabi'in yang menyelisihi klaim
tersebut.

Justru menurut saya, bukanlah suatu logika yang tepat jika kita menolak
ijma' dengan alasan adanya ulama besar yang berpendapat berlawanan SETELAH
dinyatakan ada ijma' TANPA membuktikan kekeliruan klaim ijma' tersebut.

Sebagai contoh, Ibnu Taymiyah rahimahullah dituduh melanggar ijma' dalam
perkara menjatuhkan tiga thalaq dalam satu majelis. Ternyata pendapat
beliau bersesuaian dengan keterangan dari Rasulullah shallallahu 'alayhi
wasallam dan Abu Bakr radhiyallahu 'anhu.

[lihat:
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2013/09/pelanggaran-ijma-oleh-ibnu-taimiyyah.html
]

Untuk itu, terlepas besarnya ulama yang berpendapat bolehnya mengucapkan
selamat hari raya non-muslim, lagi-lagi cukuplah bagi saya keterangan ijma'
tersebut serta fakta tidak adanya keterangan dari Rasulullah shallallahu
'alayhi wa Sallam dan para shahabat beliau bahwa mereka melakukan hal
tersebut, padahal mereka telah berinteraksi dengan umat non-muslim.

Namun, bisa jadi hal itu tidak cukup bagi orang lain karena pelbagai alasan.

Allahu a'lam.

Wassalaam,
--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)