gw ngak ngerasa gitu2x amat koq waktu ke sing via batam,
masalah jadwal speedboat (ferry) wajar aja, dimana mana kan ngak ada boat
yang tiap 1 menit berangkat.
kalau mau aman ya loe harus tau schedule ferry nya biar ngak kelamaan
nunggu.
tips dari gw, kalau loe buru2x pilih berangkat nya dari pelabuhan sekupang
(jangan btam centre) karena waktu tempuh nya lebih singkat (sekitar 40
menit).
minta aja ferry schedule ke provider nya supaya gampang untuk booking.

ya jangan di bandingin dengan direct line via jkt dong, pasti lebih simple
yg direct line.
he..he..he...