--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, Jerry Matanari
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya hanya ingin memberi pandangan tentang liberalisme ekonomi
yang diagung-agungkan itu.

>   Liberalisme, kapitalisme, sosialisme, atau apapun itu adalah
paham yang diciptakan manusia. Naturenya: tidak akan ada yang
sempurna. Sangat disayangkan kalau kita terlalu cepat meng-agung-
agungkan suatu aliran atau dogma tanpa melihat dari sudut pandang
yang netral dan proporsional.

Liberalisme diciptakan bukan cuman asal diciptakan, akan tetapi
dengan juga mempertimbangkan ciptaan2 Tuhan.  Sama seperti pesawat
terbang, kalau cuman menciptakan bentuk pesawat terbang tanpa peduli
interaksi dengan misalnya udara, suhu dll, maka hasilnya adalah
bentuknya saja pesawat terbang, tapi tidak bisa terbang :{).

Liberalisme diciptakan dengan memperhitungkan kondisi2 behaviour
manusia dan interaksi antara mereka tersebut, sehingga kalau
dimodelkan secara matematik, maka inilah system yang paling efisien
untuk mencapai target function yang harus dimaksimumkan.

salam,

-Irsal

Senior Financial Engineer
http://www.fiserv.com