-----Original Message-----
From: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Amitz
Sekali
Sent: 08 Mei 2008 23:13
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: [Keuangan] [ask] Deviden Negatif, Kas Besar Negatif???

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, "Ryan Anggarapasha Y."
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Fitriyanto,
>
>   1. Kas Besar negatif ini hanya saya temui di Neraca th 2007 saja,
sedangkan di 2006 dan 2006, Kas Besarnya selalu positif. Memang aneh
sih, tapi apa benar memang tidak mungkin Kas Besar di neraca negaatif?

>   Saya baru jumpai 1 kali ini keanehan di Neraca seperti yang saya
gambarkan diatas... Ada masukan lain kah?

>   tq

Dear Ryan,

Disclaimer: IANAA (I am not an accountant).

Kalau masukan dari saya, inti penyebabnya adalah pencatatan beda
dengan realita. Sebabnya bisa:
1. Tidak sengaja uang yang masuk lebih banyak dari yang dicatat.
Misalnya masuknya uang datang dari cash register POS yang tidak pernah
dihitung ulang atau salah hitung ulang.. (kemungkinan kedua rasanya
kecil banget), akibatnya nilai pos cash lebih kecil daripada
kenyataannya, sehingga pada satu titik posisi cash tercatat minus
padahal fisiknya masih ada.
2. Tidak sengaja uang yang keluar lebih sedikit dari yang dicatat.
Orang yang menerima pembayaran tidak mengecek ulang.., akibatnya
seperti poin 1 di atas.
3. Kebiasaan jelek menulis voucher (dan menjurnalkan) jauh sebelum
transaksi cash credit benar2 terjadi, atau jauh sesudah transaksi cash
debit benar2 terjadi. Akibatnya pada satu momen (neraca) tercipta
catatan yang tidak mungkin (saldo cash minus) karena catatan tersebut
tidak lengkap atau belum terjadi.
4. Kebiasaan menulis voucher sebelum transaksi cash credit benar2
terjadi, dan akhirnya transaksi itu tidak terjadi..
5. Tidak mencatat secara detil transaksi yang saling menghapuskan
karena berharap transaksi itu saling meniadakan. Contohnya penukaran
barang yang sementara diganti dengan uang dulu, tetapi neraca
diciptakan saat transaksi masih ngambang.
6. Pencatatannya benar2 salah..
7. Dan lain2 yang tidak terpikir oleh saya.