At 02:02 PM 5/14/2008, you wrote:

>Bung Poltak,
>
>pendapat Anda benar, tetapi saya ragu dengan kapasitas kelembagaan kita.
>Sebab yang harus bagi2 BLT adalah kelembagaan negara, tetapi dikita
>sistem kelembagaannya dibanyak tempat balita. Dari sisi pemikiran
>masyarakat dan parpol yang ada pemerintah saja (yang ada kantor2
>pemerintah, bukan kantor negara). Negara sebagai institusi pelayanan
>publik belum mejadi infrastruktur yang effektiv. Akibatnya dana yang
>harus dibagi seret alirannya dan kadang2 bocor di-mana2, karena bukan
> [...]

Bung Hok An,

Saya pun punya keraguan yang sama terhadap kapasitas kelembagaan di
negara kita, TETAPI kalau BLT sebagai sebuah bentuk subsidi hidup,
harus dilakukan - maka memang lebih baik dalam bentuk tunai dan
dibayarkan lewat kantor pos dan hanya bisa dicairkan oleh penerima
bersangkutan yang identitasnya sudah tercantum dalam daftar penerima
yang sudah disusun.  Mungkin itu cara terbaik sekalipun tidak sempurna.

Betul bahwa memang dana tersebut bisa saja bocor, dan pada program
BLT yang lalu - hal itu pun terjadi.  Tetapi ketimbang harus
disalurkan dalam bentuk lain dan melewati birokrasi seperti yang ada
seperti sekarang ini -- saya kira bentuk tunai masih lebih baik.

Soal efisiensi kabinet rasanya sudah pernah saya tulis.
APBN kita terlalu banyak habis untuk membayar PNS dan perlengkapan kerjanya.

Kirim email ke