Menanggapi renungan 17 agustusan saya, tiba-tiba JFK berusaha menemui
BK. maka terjadilah arahan JFK sebagai berikut :

Kemudian JFK datang ke Bung Karno. maaf bung, anda tidak bisa cuman
berpatokan dengan angka eksport-import. Anda juga harus perhatikan
Capital Account yang keluar masuk dimana akhirnya secara total lebih
banyak dollar yang keluar dari pada yang masuk (Negatip Balance of
Payment) karena yang membuat eksport anda besar adalah uangnya Uncle
Sam maka Uncle Sam berhak menikmati profit untuk berleha-leha di
tepian Danau Lake Tahoe di California sambil mengibas-ngibaskan
greenback yang didapat dari Indonesia:). Selain itu juga you punya
banyak hutang sehingga harus bayar interest ke negara2 pengutang yang
membuat uang dari eksport lu habis dan nilai rupiah lu menggelepar-
gelepar.

Kalau dilihat dari nilai eksport pun, nilai current account anda
banyak berkurang karena you terlalu banyak pakai service dari luar
negeri hingga lu punya deficit di balance on service. Lagi pula lu
mau bayar expatriate berkali lipat dari gaji lokal. Apa nggak ada
keluaran universitas lu yang bisa menggantikan para ekspatriate
tersebut:).

Kemudian BK nyahut lagi sama JFK

BK : "Kami perlu Nation Building, kami perlu Character Building" agar
masyarakat kami tahu benar memanfaatkan kekayaan alam Indonesia
sepenuhnya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia"

JFK : Caranya ?

BK : Beberapa putra-putri terbaik kami mondok dan menuntut ilmu di
negeri anda.

JFK : (sambil berbisik ditelinga BK) Anak-anakmu kami beri keleluasan
kartu kredit sampai 50.000.000 rupiah, padahal gajinya cuma
10.000.000. Jadi maaf ya, kalau mereka cuma bisa belanja 5.000.000
saja perbulan yang 5.000.000 lagi buat bayaran cicilan minimum 10 %.
jadi 5.000.000 lagi gaji anak-anak saya. Kasihan anak-anak saya nggak
sekaya negeri mu yang apa-apa ada jadi anakku biar main di keuangan
aja deh.

BK : Pandai kali anda menjajah kami, tanpa bisa kami lawan pakai
bambu runcing

JFK : Kami tidak menjajah, putra-putri anda yang menginginkannya.

BK pun termenung …… JFK benar anak-anakku telah menjadi MAFIA BERKELEY

Salam

RM
http://rachmad.kuyasipil.net/

Kirim email ke