Dear all,

Mudah2an membantu. Pernyataan "debt-like" instrument harus diperjelas supaya
trade-off risk-return bisa dibandingkan dengan instrumen keuangan yang lain.
Mungkin, bisa berupa convertible bonds walapupun saya ndak yakin proporsi
USD1.9 bio jika dibandingkan dengan total asset BUMI akan menjadikan CIC
sebagai pemegang saham mayoritas atau tidak. Hal ini mungkin relevan
berkaitan dengan regulasi investasi perbankan di suatu bisnis (ada
regulasinya ndak sih?).

Setahu saya IRR digunakan sebagai patokan rate of return internal dari
proyek, mungkin yang dimaksud dengan IRR disini adalah yield to maturity.
Kalo memang demikian berarti mungkin BUMI akan menjual "debt-like"
instrument-nya pada diskon atau BUMI memiliki ekspektasi suku bunga bebas
risiko akan turun (atau kombinasi keduanya).

Kalau memang istilah2 di atas sudah sinkron bisa dibandingkan lah dengan
rate of return yang ada di market untuk perusahaan yang "sejenis" dengan
BUMI (untuk kasus convertible bonds mesti di stripping dulu antara bonds dan
option-nya). Kalau memang return yang dijanjikan BUMI kepada CIC ndak bisa
dijustifikasi ya hati2 lah ya....

Yessy