Bli,
Ya gak buka front-lah,ini kan diskusi biasa saja, itung2 mensyukuri milis yg
tak dimoderasi, hehe....Soal moral,sejauh pernah sy baca,kapitalisme,atau
katakan ilmu ekonomi,justru lahir dari refleksi filsafat moral Smith. Hukum dan
moral hemat sy tdk bisa dipisah,krn thd hukum jg akan muncul masalah moral:
mengapa hukum harus ditaati?atau apa yg membuat hukum dapat memaksa?
Sy setuju dg hukum yg tegak,dan di tengah pluralitas nilai,justru Pancasila
makin relevan sbg nilai acuan. Sy tdk anti ekonomi pasar,tp anti
self-regulating market system. Ada di salah satu ekstrem,kapitalisme
laissez-faire maupun ekonomi komando adalah kekeliruan historis. Jika kita
hendak ambil jalan tengah,rasanya bukan jg krn banci atau bukanisme,tp tak
hendak memeluk satu ekstrem,yg terbukti hanya sebagian dari sebuah realitas
paradoksal manusia dan hidup.

salam,

pras

o...@ahlikeuangan-indonesia.com wrote:
> Saya kira benar, bahwa kapitalisme hanya bisa berhasil jika hukum tegak.
> Jangan bicara moral dalam kapitalisme, melainkan hukum. Karena moral, sesuatu
> yg tak jelas batasnya, sedangkan hukum mestinya jelas.
>
> Saya bilang mestinya, karena toh dalam penegakan hukum, ada aspek judgment
> dari manusia penegak hukum. Artinya, ini membuka peluang juga adanya ketidak
> adilan penegakan hukum.
>
> Bahkan dalam ekonomi berlandas agama (baca: ekonomi syariah), hukum atau
> perjanjian (akad) menjadi penentu dari halal atau haramnya transaksi. Kalo
> [...]

      Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari
Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/