WARTAWAN JAKARTA TERLIBAT PEMBUATAN FILM DOKUMENTER FIKTIF!
  Ah, tidak terlalu mengagetkan Bung; bukankah "wartawan" sekarang seperti
halnya guru bukan lagi sebuah profesi yang sarat dengan nilai-nilai luhur dan
idealisme. Wartawan sekedar "buruh upahan" dari para kapitalis yang empunya
media. Kalau sementara wartawan yang sudah "mereguk ilmu" Sang Majikan yaah
biasa-biasa saja. Saya sebagai orang keturunan Jawa yang tinggal di Surabaya
protes karena anda menggunakan istilah "JAWA" begitu sangat generik! Kalau mau
lebih akurat dan tepat pakai istilah "JAKARTA" dengan konsisiten Bung!
Sentralisasi pemerinthan Orde Baru selama 32 tahun yang dilanjutkan dengan
"ORDE GORO-GORO" selama hampir 10 tahun membuat Jakrta menjadi segala-galanya.
Pengaruh Jakarta begitu hebat! Lihat saja perkembangan bahsa Indonesia sebagai
bahasa tutur. Generasi muda bangsa Indonesia tidak tahu lagi menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar yang pernah dikumandangkan oleh Yus Badudu.
Bahasa Indonesia adalah bahasa "Gaul Betawi Moderen atawa Jakarta
 kontemporer!". Ekses negatip lainnya tentu meruyak pula yakni apa yang disebut
sebagai  AROGANSI JAKARTA ! Ungkapannya adalah: "Jakarta knows better and
Jakarta is always the best!" termasuk dalam membuat film dokumenter tentang
Aceh!  Lebih celakanya lagi film dokumenternya fiktip . Salam perjuangan Tjuk
Kasturi Sukiadi